Manaqib Syekh Muhammad bin Abdul Karim as Semman al Madani

 Sebagian Manaqib Syekh Muhammad bin Abdul Karim as Semman al Madani, yg pernah disampaikan KH. Ahmad Zuhdiannoor (Abah Guru Zuhdi)
__________________________
Telah berkata Syekh Siddiq al Madani (murid dari syekh Semman al Madani),
1. Aku mendengar dari guruku sebuah hadits, "ketika dibacakan riwayat hidup orang sholeh, maka turunlah rahmat kepada sipembaca, pendengar dan yg hadir"
2. Murid" dari zaman dahulu sampa sekarang, mereka senantiasa mengarang akan riwayat hidup gurunya.
2 hal inilah alasanku menulis akan riwayat hidup guruku.

Guruku ialah Syekh Muhammad bin Abdul Karim as Saman al Madani, beliau ahli syari'at, tereqat, hakikat, dan ma'rifat.
Diantara bukti kewalian beliau ialah ketika sedang berkalwat datanglah syekh Abdul Qadir al Jailani, memberi jubah putih, dn mengharap agar syekh Semman keluar untuk mengajar, maka dikata syekh semman ulun takkan keluar kecuali mendapat izin langsung dari Rasulullah.
Berjalan waktu, datanglah Rasulullah secara yaqozhah (alam jagat), menyuruh kepada syekh Semman untuk keluar dn mengajar, maka ketika itu beliau keluar dan mengajar dengan izin khas dari Rasulullah.

Barangsiapa hadir di acara ini dengan rasa cinta dn suka serta meyakini bahwa beliau ialah wali Allah, maka kita semua kan mendapat curahan rahmat dari Allah ta'ala.
semoga kita dikumpulkan dengan orang sholeh, karena sesungguhnya kita tak punya apa", tak ada kelebihan yg kita miliki, keselamatan kita ialah terletak pada pandangan Rasulullah, serta pandanhan orang" sholeh kepada kita.
Jadikanlah cinta ini ya Allah, sebab cinta ini kami masuk syurga berkumpul bersama orang" sholeh, khususnya kekasihmu syekh Semman al Madani.

Diriwayatkan bahwa sewaktu dilahirkan oleh ibu beliau, syekh Abdul Qadir Jailani datang dn meludahi akan mulutnya syekh Semman al Madani, maka sejak saat itu sang ibu sudah mengetahui kehebatan dan kedudukan anaknya.
Di umur 7 tahun sudah hafal Qur'an dengan fasihnya, di umur 10 tahun sudah punya ilmu yg lautan dalamnya.

Diantara akhlak beliau, ialah selalu menebar kasih sayang dan kedamaian, beliau selalu memberikan keselamatan, beliau senantiasa mengurus akan muridnya, memintakan ampun untuk muridnya.
Dan diantara akhlak beliau, beliau selalu merasa didalam lautan rahmat dan ni'mat, sehingga senantiasa bersyukur kepada Allah.,

Seorang 'ulama besar Kalimantan, syekh Muhammad Arsyad al Banjari ialah seorang murid dari syekh Semman al Madani, dan datu Kelampayan ialah berada bersama kita, orang yg mencintai beliau sama dengan mencintai syekh Semman dan guru" beliau, dan sama dengan mencintai Rasulullah saw.
Semoga rasa cinta ini yg membuat kita selamat dunia akhirat dan berkumpul dengan mereka.

Hebatnya cinta, buka surah al kahfi, anjing yg najis mughalazah (besar), masuk syurga tuh anjing, karena cinta dgn tujuh pemuda wali Allah, ashabul kahfi, anjing itu duduk di muka gua menjaga dn menemani pemuda" yg didalam gua tertidur 390 tahun.
Anjing itu dpat syafaat dn dapat syurga, jadi mudahan generasi kita tahu dn cinta kepada para wali.
Kalau anjingpun dimasukkan syurga karena cinta, semoga kitapun masuk syurga berkat cinta kita kepada mereka, walau amal kita sangat sangat jauh dari mereka.
Satu amal sederhana yg diajarkan Rasulullah, yaitu cinta.
Sungguh cinta yg kan membuat kita terkumpul dengan orang sholeh, mari kita sadari kekurangan kita, namun jangan pernah lepas cinta kita.

Cinta dengan Rasulullah, cinta dengan orang sholeh, cinta dengan para wali, cinta dengan akhlak mereka, kita bercita cita ingin mengikut mereka, namun kita sadar kita penuh dosa dan kekurangan, namun jangan pernah lepas cinta kita terhadap mereka.

Semoga malam ini kita semua yg mencintai wali Allah diampuni dosa oleh Allah dn dikumpulkan dengan para Nabi, para shiddiqin, para syuhada dan para sholehin.
______________________________
۞اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد۞
Mudahan berkah dunia akhirat, minta rela ulun kalau ada salah khilaf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Para Ulama yang Dizalimi dan Wafat di Penjara