Kalam Abah Guru Sekumpul

 Kalam Guru Sekumpul yang sering beliau sampaikan pada saat pengajian beliau ialah "Butakanlah dirimu ketika melihat aib/keburukan orang lain, tetapi bukalah dirimu untuk melihat aib diri sendiri."

Maksud dari kalam Beliau ialah sebagai umat Rasulullah hendaknya kita jangan pernah melihat apalagi membicarakan aib keburukan orang lain.
Mengapa? Karena diri kita sendiri pun memiliki kekurangan, aib, dan keburukan sehingga untuk apa kita membuka aib orang lain.

Sekalipun kita telah melihat aib orang lain, maka tindakan yang harus kita laksanakan ialah berbaik sangka.

Guru Sekumpul pun pernah mengatakan "Tidak pernah rugi orang yang berbaik sangka." Mengapa? Karena kita tidak pernah tahu bagaimana akhir hayat seseorang.
Barangkali sekarang ia adalah seorang yang gemar bermaksiat. Tapi, kita tidak pernah tahu bagaimana akhir hayatnya. Bisa jadi ia  bertaubat dan wafat dalam keadaan husnul khatimah.
Maka dari itu, marilah kita belajar untuk berhenti mengurus hal ikhwal seseorang sehingga kita tidak membicarakan aib dirinya, tetapi justru kita berbaik sangka kepada orang.

Mudah-mudahan kalam dari Guru Sekumpul yang Ulun tuliskan kembali ini, dapat membuat hati kita terbuka sehingga dapat menerima nasihat dari beliau. Mudah-mudahan kita dapat mengamalkannya hingga akhir hayat kita berkat Rasulullah, berkat Auliya Allah, berkat Guru-guru kita,  dan orang-orang sholeh mudah-mudahan dosa-dosa kita diampuni Allah, dikabulkan segala hajat, dipanjangkan umur, dimurahkan rezeki yang barokah, wafat dalam keadaan husnul khotimah, dan masuk surga bighoiri hisab.

*_ﺍﻣﻴﻦ ﺍﻣﻴﻦ ﺍﻣﻴﻦ ﻳﺎ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ_*

*ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﷺ* .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Para Ulama yang Dizalimi dan Wafat di Penjara